Tuesday, April 10, 2012

CAVE TUBING KALI SUCI

Yogyakarta menyimpan jutaan potensi wisata yang jarang ditemui di tempat lain. Di kota ini jenis wisata apapun dapat ditemui. Dari wisata budaya, pendidikan, sejarah, kuliner, bahkan petualangan, menjadi objek wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah objek wisata Kalisuci.

Kalisuci merupakan objek wisata sungai bawah tanah yang mengalir melewati gua-gua. Objek wiisata ini menawarkan petualangan body rafting dan caving (susur gua) sekaligus, atau lebih dikenal dengan istilah cave tubing.

Bagi yang hobi berpetualang, objek ini tentu sangat sayang dilewatkan. Karena aktivitas cave tubing ini, hanya dapat dilakukan di Mexico, New Zealand, dan terakhir Gunungkidul Yogyakarta, Indonesia.

Perjalanan menuju Kalisuci hanya dapat dilakukan dengan kendaraan peribadi maksimal roda empat. Akses jalan yang masih minim, membuat kita sulit untuk menjangkaunya. Jadi lebih baik kita menghubungi biro wisata khusus di Yogyakarta untuk lebih mudah dan ekonomis.

Memasuki area Kalisuci, kita akan disambut panorama alam yang masih asli. Untuk mencapai mulut gua, kita harus menuruni tebing terjal sedalam 30-40 m dengan menyusuri jalan setapak.
Aliran sungai yang berkelak-kelok akan terlihat dari ketinggian tebing. Airnya yang biru kehijauan terlihat kontras dengan warna coklat tanah, tebing karst, serta daun-daun dan pepohonan sehingga menciptakan harmoni lukisan alam yang mempesona. Dan setelah mengenakan alat pengaman yang telah disediakan pengelola wisata, pengarungan sungai bawah tanah pun dimulai.

Sepanjang penyusuran sungai, dibeberapa titik kita akan menemui bebatuan maupun jeram yang ekstrim dan sulit dilewati. Sesekali kita terpaksa harus keluar dari sungai dan berjalan kaki sambil mengusung ban pelampung. Dan sampainya di mulut gua, petualangan sesungguhnya pun dimulai.

Sinar matahari menghilang dan berganti dengan suasana remang bahkan gelap. Satu-satunya pencahayaan dalam gua hanya berasal dari headlamp. Stalaktit yang terlihat di atap gua terus meneteskan air, beberapa diantaranya merupakan batu kristal. Kelelawar-kelelawar nampak bergelantungan di langit-langit gua, ikan besar berenang di bawah kaki, dan stalagmit bergelantungan di langit-langit gua. Pemandangan serupa pun sambung-menyambung hingga kita sampai di ujung gua.

Jika anda berminat untuk merasakan sensasi petualangan Cave Tubing Kalisuci ini, anda dapat menggunakan jasa penyedia transportasi atau tour agency dan reservasi beberapa hari sebelumnya untuk memastikan kondisi air, mengingat jika air sedang deras, anda tidak akan diijinkan mengarungi indahnya menyusuri Kalisuci.



Untuk reservasi, hubungi;
0856 4331 9523
Jogjawisata99@gmail.com

No comments:

Post a Comment