Saturday, July 23, 2011

Taman Nasional Taka Bonerate


Taman Nasional Taka Bonerate memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia yaitu setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva. Luas atol tersebut sekitar 220.000 hektar, dengan terumbu karang yang tersebar datar seluas 500 km².


Bagi anda yang menggemari olah raga bahari seperti diving, snorkeling, dan lain-lain, tak salah bila melewatkan masa week end anda di Taman Nasional Taka Bonerate (TNTB) yang terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel.

Topografi kawasan sangat unik dan menarik, dimana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak. Diantara pulau-pulau gosong karang, terdapat selat-selat sempit yang dalam dan terjal. Sedangkan pada bagian permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam-kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada saat air surut terendah, terlihat dengan jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil.

Tumbuhan yang terdapat di daerah pantai didominasi oleh kelapa (Cocos nucifera), pandan laut (Pandanus sp.), cemara laut (Casuarina equisetifolia), dan ketapang (Terminalia catappa). Saat ini termasuk waktu yang baik untuk berkunjung ke kawasan yang meliputi 15 pulau ini. Musim yang baik untuk menikmati keindahan taman ini adalah pada bulan April s/d Juni dan Oktober s/d Desember setiap tahunnya. Di luar itu, kondisi agak kurang kondusif karena terganggu ombak.

Untuk mencapai Kabupaten Kepulauan Selayar bisa dengan dua alternative. Yang pertama, dengan menggunakan bis dari Makassar ke Bira Bulukumba (153 km) yang memakan waktu tempuh selama sekitar 5 jam, kemudian menyeberang dengan memakai ferry ke pelabuhan Pamatata Selayar sekitar dua jam, yang dilanjutkan lagi ke ibukota kabupaten yaitu Kota Benteng sekitar 1,5 jam. Atau yang kedua, dengan menggunakan pesawat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara Haji Aroeppala, Padang Selayar sekitar 45 menit. Jarak dari bandara ke kota hanya sekitar 7 KM. Lalu dari Benteng ke pulau terdekat yaitu Rajuni Kecil menggunakan kapal kayu sekitar lima jam.

No comments:

Post a Comment