Wednesday, May 11, 2011

Ilmuwan menemukan kelompok pohon cemara di Propinsi Dalarna, Pengunungan Fulu sebelah barat Swedia, yang diperkirakan berusia lebih dari 8.000 tahun. Pohon dengan nama ilmiah Picea abies ini disebut-sebut sebagai pohon tertua di dunia yang masih bertahan hidup.
Salah satu rahasia keawetan kelompok pohon cemara ini adalah posisinya yang tegak menjulang di punggung gunung sehingga aman dari ancaman penebang. Meski memiliki letak yang menguntungkan, pohon cemara harus bertarung dengan ganasnya kondisi cuaca di pegunungan yang memisahkan Norwegia dan Swedia.
Pohon tertua dari kelompok cemara ini berusia hingga 9.550 tahun. Dalam pengamatan Kullman, pohon ini berkembang biak menggunakan penetraso cabang akar sehingga memungkinkan menciptakan kembaran yang serupa. Oleh karena itu, pohon tertua ini memiliki kelompok dengan genetika yang sama.
Usia pohon ditentukan menggunakan penanggalan karbon di sebuah laboratorium di Miami, Florida, Amerika Serikat. Dalam pengukuran tersebut diketahui beberapa pohon telah menancapkan akar mereka ke tanah sejak 8.000 tahun lalu.
"Cemara ini menjadi pohon paling tua yang diketahui manusia," ujar Profesor dari Universitas Umea, Leif Kullman.
Menurutnya, koloni cemara di Swedia ini merupakan pohon pertama yang tumbuh setelah zaman es. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan suhu udara di sekitar pegunungan, membuat koloni tumbuh lebih cepat di daerah yang lebih luas.
Sebelumnya, rekor pohon tertua di dunia dipegang oleh pohon cemara "Methuselah" yang terletak di Pegunungan Putih, California, Amerika Serikat. Pohon ini disebut-sebut berusia hingga 4.800 tahun.
Selain itu, beberapa pohon tua juga tersebar di berbagai negara. Berikut diantaranya.

1. Pohon Jhomonsugi, Jepang
Bayangkan jika Anda masih bisa menyaksikan pohon tua ini yang lama hidup berabad-abad tahun sebelum zaman Babilonia kuno atau bahkan menjadi saksi hidup pada masa kerajaan Yunani Romawi dan kelahiran Kristen dan Islam.
Jhomonsugi adalah sebuah pohon besar yang terletak di Pulau Yakushima Jepang. Salah satu bukti bahwa pohon ini berumur tua, bisa Anda saksikan pada lingkaran pohon (16.4 meter) ini yang terlalu busuk. Tanaman yang sangat mengagumkan ini diperkirakan sudah berumur 7.200 tahun.
2. The Sav-e-Abarkooh Cypress, Iran
The Sav atau The Sarv adalah sejenis pohon cemara besar sekaligus tertua (berusia 4.000 tahun ) di Abarkooh, Iran. Pohon ini juga dikenal sebagai 'Zoroaster Sarv' yang dipercaya memiliki makna konotasi agama yang kuat bagi semua warga Iran.
Kepercayaan pohon tua seperti ini juga bisa Anda temukan pada pohon Llangernyw Yew yang terletak di area kuburan di Wales. Secara ekstrim pohon Yew dipercaya mampu memperpanjang umur mereka yang sedang berdoa.
3. 'Alerce' Patagonian Cypress Tree of Chili

Ada lagi satu pohon cemara tua di Chili yang bernama Patagonian. Jenis pohon seperti ini diketahui sudah berumur sekitar 35 juta tahun dan yang termuda berumur 3.600 tahun. Cemara Petagonian atau 'Alerce' menjadi salah satu komoditas ekonomi bagi warga Chili.

4. 'Chestnut Tree of 100 Horses', Sicily

Pohon tertua di dunia ini dikenal dengan nama 'Chestnut Tree of 100 Horses'. Chestnut bisa Anda temukan di Jalan Linguaglossa, di San D'Alfio, atau lebih tepatnya di lereng Gunung Etna di Sisilia.

Umur pohon tua ini diperkirakan 2.000 hingga 4.000 tahun. Sicily adalah sebuah pulau terbesar di Laut Mediterania yang bernegarakan Italia.

5. 'Patriarca de Floresta' Tree of Brasil

Pohon tua di Brasil ini bernama 'Patriarca de Floresta'. Selain sebagai salah satu pohon terbesar di Hutan Atlantik, pohon ini juga merupakan pohon tertua pertama di benua itu.

'Patriarca de Floresta' bisa Anda temukan di Kota Santa Rita. Untuk perjalanan ke sana bisa Anda lakukan dari Passa Quatro di dekat Petropolis. Pohon ini diperkirakan sudah berumur 3.000 tahun.

6. Jardine Juniper Tree, Lgan, Utah, Amerika

Jika Anda sedang berada di luar kota Logan di Utah, Amerika tentu mudah menemukan pohon tua ini. Jardine Juniper diperkirakan sudah berumur 3.200 tahun,

7. The 'General Sherman' Giant Sequoia, Amerika

Giant Sequoia atau The General Sherman merupakan pohon terbesar di dunia sekaligus termuda dari pohon-pohon tua di atas. Gunung ini diperkirakan berumur antara 2.300 hingga 2.700 tahun dengan volume sekitar 1487 meter kubik

No comments:

Post a Comment